Workshop Inventarisasi Arsip dan Digitalisasi Sumber Sejarah

Ilmu Sejarah tidak pernah terlepas dari kebutuhan sumber primer berupa arsip dan sumber primer lainnya. Ketersediaan sumber kemudian menjadi penting bagi seorang sejarawan untuk dapat meneliti mengenai apa yang pernah terjadi di masa lalu. Hal tersebut kemudian mendorong sejarawan untuk bisa memahami bagaimana proses restorasi arsip maupun ilmu kearsipan. Berawal dari kesadaran akan pentingnya arsip, program studi Ilmu Sejarah kemudian mengadakan workshop yang secara lebih rinci membahas mengenai inventarisasi arsip dan digitalisasi sumber sejarah. Tujuan dari diadakannya workshop ini juga memberi gambaran mengenai langkah-langkah awal untuk menginventarisasi arsip dan digitalisasi arsip yang dimiliki FISHIPOL UNY.

Workshop ini diadakan pada hari Kamis, 15 Februari 2024 bertempat di Aula ISDB FISHIPOL UNY. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta mahasiswa Ilmu Sejarah, pengurus lab Ilmu Sejarah, para dosen Ilmu Sejarah dan juga komunitas sejarah yang berkecimpung di dunia perawatan arsip dan sumber sejarah. Pembicara dari workshop ini adalah Lillyana Mulya, M.A dan yang berperan sebagai moderator adalah Eka Ningtyas,S.S., M.A yang juga sebagai kepala Laboratorium dan Perpustakaan Ilmu Sejarah FISHIPOL UNY. 

Selama berjalannya workshop, banyak ilmu baru yang didapatkan, bahasan mulai dari jenis-jenis arsip, perkembangan medium, akuisisi sumber arsip hingga bagaimana proses pengolahan sumber. Pengetahuan yang didapatkan mengenai pengolahan arsip sangatlah berguna bagi program studi Ilmu Sejarah di masa yang akan mendatang, hal ini karena kedepannya, program studi Ilmu Sejarah berencana untuk mengolah arsip FISHIPOL mulai dari awal berdirinya IKIP Yogyakarta. Pengolahan arsip tersebut akan dilakukan oleh program studi Ilmu Sejarah bersama para mahasiswanya dan dimulai dalam waktu dekat ini, sehingga dibutuhkan kemampuan dan pengetahuan dasar mengenai hal tersebut. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tepat waktu, dengan peserta yang cukup antusias dalam memperhatikan materi dan bertanya kepada pembicara.