Ekspedisi “Jejak Mataram Islam di Yogyakarta: Masjid Gedhe Mataram”

Pada hari Rabu, 26 Oktober 2022 di Kotagede Yogyakarta dilaksanakan Kegiatan oleh Himpunan Mahasiswa(HIMA) Ilmu Sejarah yaitu Ekspedisi. Ekspedisi adalah rangkaian kegiatan mahasiswa menelusuri tempat bersejarah di bawah divisi Litbang (penelitian dan pengembangan). Di kotagede Tepatnya di masjid Agung dan makam raja-raja kami melakukan acara
tersebut. Rangkaian acara dimulai pukul 08.00 sampai 14.00 yang berawal kumpul di kampus. Tujuan dari acara ini untuk mahasiswa baru (maba) angkatan 2022 agar mereka lebih tahu tentang peninggalan sejarah Mataram Islam di kota Yogyakarta. Mahasiswa diberikan informasi yang lebih mendetail tentang tempat tersebut dan kerajaan Mataram Islam. Tempat yang dikunjungi adalah Benteng cepuri, pasar kotagede, dan area masjid serta makam raja. Maba dibagi menjadi 9 gugus dengan masing-masing pemandu dari divisi Pers Historiografi (PH).
Lalu setelah acara tersebut mahasiswa baru akan menyampaikan laporan dalam bentuk essay yang nanti diseleksi oleh divisi PH dan akan diterbitkan ke buletin Sansekerta milik HIMA . Essay terbaik nanti akan diberikan lagi ke divisi Litbang lalu, akan diberikan ke pihak Kraton Yogyakarta untuk dinilai.