Madilog (Main, Diskusi, dan Dialog)

      Minggu, 03 Oktober 2021 divisi Jaringan dan Komunikasi (JIS) Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah FIS UNY mengadakan kegiatan Main, Diskusi dan Dialog (MADILOG) secara virtual melalui Zoom Meeting. Kegiatan seharusnya dilakukan dengan melakukan kunjungan langsung ke tempat namun dikarenakan situasi Covid-19 menyebabkan belum memungkinnya untuk melakukan kegiatan secara luring. MADILOG yang diadakan pada tahun ini mengusung tema “Yogyakarta Periode Islam” dengan judul “Tilas Segarayasa dan Obsesi Mataram akan Laut Buatan”.

      Mataram Islam sebagai kesultanan yang cukup besar di Yogyakarta bahkan di Jawa, kala itu tercatat pernah melakukan pemindahan ibukota kesultanannya. Salah satu daerah Yogyakarta yang pernah menjadi ibukota kesultanan yaitu berada di daerah Pleret, Bantul. Berdasarkan hal ini kemudian panitia pelaksana mengusung tema tersebut dengan menghadirkan dua pembicara ahli yaitu: Dr Miftahudin M.Hum (Dosen Ilmu Sejarah FIS UNY) sebagai pembicara di bidang sejarah dan Heri Priswanto, S.S sebagai Peneliti Ahli Muda Balai Arkeologi DIY. Dalam pemaparan materi, para pembicara didampingi oleh  Yoga Hanindyatama, mahasiswa Ilmu Sejarah angkatan 2019, selaku moderator. Pembahasan materi yang kurang lebih berlangsung selama 90 menit tersebut dilalui dengan pembahasan-pembahasan menarik seputar obsesi raja Mataram Islam kala itu untuk membuat laut buatan.

      Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB ini berjalan dengan lancar. Pada permulaan dibuka dengan sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Rudi Utomo, mahasiswa Ilmu Sejarah angtakatan 2020 dan secara resmi  dibuka oleh Flamboyan Dwi Cahyo, Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah. Selama pelaksaan kegiatan interaksi antara audiens dan pembicara pun terlihat antusias dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan ketika sesi diskusi dan tanya jawab dimulai. Dengan keterbatasan akses secara langsung tidak menjadi halangan bagi mahasiswa  untuk mendapatkan pengalaman baru dalam bidang kesejarahan. Dalam pelaksanaanya, kegiatan di tutup dengan sesi dokumentasi bersama dari panitia, audiens, dan para pemateri.

      Selain itu, kegiatan MADILOG juga merupakan progam kegiatan dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah yang wajib diikuti oleh Mahasiswa baru Ilmu Sejarah angkatan 2021. Harapannya dengan adanya kegiatan-kegiatan kesejarahan yang dilakukan di luar jam perkuliahan dapat menjadi bekal tambahan yang menyenangkan bagi mahasiwa baru ketika mengikuti kelas perkuliahan. (HMIS)